Tuesday, November 24, 2015

Sistem pernapasan pada cacing tanah

Mari kita sama sama tambah ilmu pengetahuan kita mengenai sistem pernapasan, dan untuk postingan kali ini kita akan membahas tentang sistem pernapasan pada cacing tanah. Adakah yang belum tau?

Cacing tanah melakukan pernapasan melalu permukaan kuli. Karena pada permukaan kulit cacing tanah terdapat banyak sekali pembuluh darah dan menghasilkan lendir. Kondisi kulit yang selalu lembab inilah yang membuat proses penyerapaan oksigen berlangsung dengan lebih baik atau dalam kata lain proses bernapas.

Sistem pernapasan pada cacing
Cacing tanah

Oksigen yang di serap oleh kulit kemudian akan diikat langsung oleh hemoglobin yang terdapat dalam darah cacing tanah itu sendiri baru kemudian di edarkan ke seluruh tubuhnya. Semntara gas haisl respirasi yakni karbondioksida juga di keluarkan kembali melalui permukaan kulit.

Karena poses pernapasan cacing tanah di lakuka melalui permukaan kulitnya (integument), maka dari itu proses pernapasan pada cacing tanah di sebut juga dengan Respirasi Integumenter

Pernapasan dengan permukaan kulit juga merupakan suatu proses adaptasi penyesuaian dengan lingkungan yang merupakan habitat bagi cacing tanah. Mengunakan kulit lebih efektif dari pada sisterm pernapasan khusus.

Selanjutnya >>>
Sistem pernapasan pada cacing tanah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 comments:

  1. Ya secara teori memang begitu, kalau ingin memulai usaha di bidang ternak cacing tanah bisa juga hubungi kami. :)

    Budidaya & Ternak Cacing Tanah

    ReplyDelete