Monday, January 11, 2016

5 fungsi organ tubuh manusia

Ada banyak organ dalam tubuh manusia, namun kali ini hanya akan ada 5 organ tubun manusia yang admin bahas dan fungsinya, antara lain yaitu sebagai berikut.

5 fungsi organ tubuh manusia
5 fungsi organ tubuh manusia

5 fungsi organ tubuh manusia


Tidak hanya mesin yang dirancang dan memiliki bagian-bagian tertentu, tubuh manusia juga sudah dirancang dan memiliki bagian unuik tersendiri dari sistem biologi dan diatur oleh organ dalam tubuh. Tubuh manusia dapat dibagi menjadi kepala, badan, tangan dan kaki. Kepala adalah peran utama dalam melindungi organ penting dalam tubuh. Banyak jaringan, sel, dan jaringan ikat yang membantu dalam mengatur berbagai sistemn bilogis akan ditemukan didalam kepala dan badan.

  • Otak
    Otak merupakan salah satu organ yang sangat penting dalam tubuh dan bertanggung jawab dengan semua yang dilakukan oleh tubuh. Otak akan dilindungi oleh tengkorak dan tertutup dalam tempurung kepala dan dijaga agar tetap aman karena merupakan pusat sistem saraf. Struktur otak manusia dapat dibandingkan dengan mamalia lainnya. Otak berfungsi untuk membantu tubuh menggerakkan otot dan mensekresasikan bahan kimia yang memungkinkan tubuh untuk menggapai rangsangan eksternal. Selain itu, otak juga berdungsi eksekutif seperti pengendalian diri, penalaran, perencanaan dan berfikir abstar juga membuat manusia menjadi spesies paling cerdas dimuka bumi.
  • Jantung
    Jantung akan bertanggung jawab dalam memompa darah didalam tubuh manusia. Jantung terbuat dari otot jantung tanpa sadar, ini membuat jantung terus berdetak bahkan saat manusia itu tidur. Berat jantung mencapai 250-350 gr dan hampir sekepalan tangan. Fungsi jantung untuk memberikan darah beroksigen ke seluruh organ tubuh melalui pembuluh darah. Jantung diposisikan disisi kiri dada dan dilindungi oleh tulang rusuk. Jantung dibungkus oleh perikardium, perikardium tidak hanya untuk melindungi jantung tapi jangkar struktur disekelilingnya dan mencegah jantung dari pengisian darah yang berlebihan.
  • Paru-paru
    Paru-paru akan membantu dalam pernapasan dan merupakan organ paling utama dalam sistem pernapasan. Paru-paru akan berkerja sama dengan jantung dan memberikan udara yang murni untuk darah yang diedarkan jantung menuju seluruh organ tubuh. Paru-paru juga berfungsi untuk membuang karbon dioksida dan kotoran lainnya dari vena darah. Paru-paru hampir mengapit jantung juga bertindak sebagai peredam kejut untuk jantung, dan paru-paru juga menjaga tingkat ph darah.
  • Hati
    Hati diposisikan disisi kanan rongga perut. Beverapa fungsi dari hati adalah merupakan penyaringan zat berbahaya dari darah, menjaga kadar koleserol dan glukosa didalam darah, mensekresi asam amino tertentu, menyimpan vitamin dan mineral, bahan kimia mensekresi adalah dengan memecahkan lemak dan mengkonversi glukosa menjadi glikogen.
  • Ginjal
    Ginjal merupakan dua organ seperti kacang dan berfungsi menyaring darah didalam tubuh manusia. Ginjal akan bertanggung jawab mengeluarkan limbah dan mengatur keseimbangan elektrolit. Ginjal mengekskresikan urin ke ureter yang selanjutnya diteruskan keluar dari tubuh. Fungsi yang paling penting dari ginjal adalah mengontrol keseimbangan cairan tubuh adn membantu dalam reabsorpsi air, glukosa dan asam amino.

Selanjutnya >>>
5 fungsi organ tubuh manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment