Friday, January 15, 2016

Perbedaan RNA dan DNA

DNA manusia akan sama dengan keturunan yang telah ia lahirkan, begitu juga dengan RNA. Kali ini admin akan membahas tentang perbedaan dari DNA dan RNA.

Perbedaan RNA dan DNA
Perbedaan RNA dan DNA

Perbedaan RNA dan DNA


Perbedaan dari RNA dan DNA secara umum dapat diketahui bahwa DNA mengandung polimer yang lebih panjang dari pada RNA. DNA (Deoxyribonucleic acid) adalah tempat menyimpannya informaasi genetic. Struktur dari GNA beruntai ganda frances crick dan Watsos (1953) berhasil menemukan DNA berinstruktur heliks. Mereka mengatakan bahwa DNA heliks mengandung mekromolekul plinukleotida dan tersusun berulang dari polimer nukleotida. susunan yang rangkap akan membentuk haliks ganda dan menghadap ke kanan. Terdapat tiga gugus molekul dalam setiap nukleotida. Ketiga gugus ini adalah gugus folat, gula 5 karbon dan basa nitrogen dari purin serta adenine.

Struktur DNA terdiri dari makromolekul berstruktur primer yang dilengkapi rantai rangkap berpilin. Fosfodiester dipiling sebagai penghubung antara struktur DNA. Dalam DNA, heliks ganda mempunyai polaritas yang berlawanan dan juga menyimpan genetic yang merupakan proses translasi yang mempunyai tujuan untuk sistem protein.

Ketidak samaan struktur DNA dan RNA ini membuat perbedaan diantara keduanya, dan keduanya ini sama-sama tersusun dari nukloetida.

Selanjutnya >>>
Perbedaan RNA dan DNA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment