Sunday, January 10, 2016

Perkembang biakan Vegetatif pada Hewan

Selain dengan cara Generatif, hewan juga bisa berkembang biak dengan cara Vegetatif. Perkembang biakan vegetatif pada hewan adalah hewan yang berkembang biak tanpa perkawinan.

Perkembang biakan Vegetatif pada Hewan
Perkembang biakan Vegetatif pada Hewan

Perkembang biakan Vegetatif pada Hewan


Hewan berkembang biak dengan banyak cara, yaitu dengan membelah diri, bertunas, fragmentasi, bertelur, bertelur-melahirkan, dan melahirkan. Hewan juga mampu untuk berkembang biak. Hewan yang berkembang biak dengan cara perkawinan disebut dengan generatif dan tanpa perkawinan disebut dengan vegetatif.

Berkembang biak dengan cara vegetatif bisa malului cara membelah diri, pertunasan dan fragmentasi. Perkembang biakan ini dialami oleh hewan tingkat rendah.

  • Membelah diri
  • Hewan yang berkembang biak dengan cara membelah diri adalah hewan yang ber sel satu. Hewan bersel satu sangat kecil atau disebut dengan mikroskopis, dan hanya bisa dilihat dengna menggunakan alat seperti mikroskop. Contohnya amoeba. Bentuknya selalu berubah-ubah, dan hidup ditempat yang berair misalnya sungai, danau, atau tanah yang basah. Selain amoeba, hewan yang bersel satu dan berkembang biak dengan cara membelah diri adalah paramaecium. Tubuh nya tertutup oleh rambut halus (silia) dan berbentuk seperti sendal dan juga hidup didalam air. Arti dari membelah diri disini adalah dengan cara membagi tubuhnya menjadi dua yang sama besar. Kaki semu pada amoeba ditarik sehingga kedalam dan membuat tubuhnya jadi bulat. Saat hal itu berlangsung, inti sel mulai terbelah dua dan amoeba membelah diri menjadi dua.
  • Pertunasan
  • Hewan yang berkembang biak dengan ara pertunasan adalah dilakukan dengan membentuk tunas pada tubuhnya. Tunas ini akan berkembang biak terus sampai ukuran tertentu, setelah dewasa, tunas akan melepaskan dirinya sendiri. Kemudian, tunas akan memisahkan diri dengan induknya dan menjadi hewan baru. Contohya adalah hydra.
  • Fragmentasi
  • Hewan yang berkembang biak dengan cara fragmentasi adalah hewan tingkat rendah melalui pemotongan tubuh tertentu. Lalu, potongan tubuh itu akan membentuk menjadi keturunan baru, contohnya adalah cacing pipih (planaria).

Selanjutnya >>>
Perkembang biakan Vegetatif pada Hewan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment