Friday, August 5, 2016

Struktur Inti Sel (Nukleus) dan fungsinya

Struktur Inti Sel (Nukleus) dan fungsinya_ Organel pertama yang diteliti oeh para ilmuwan adalah inti sel (nukleus). Nukleus adalah struktur berbentuk bulat dan biasanya terletak di tengah-tengah sel. Nukleus adalah bagian terpenting bagi kehidupan sel sebab nukleus mengendalikan seluruh aktivitas sel.

Nukleus dibatasi oleh dua lapisan membran yang disebut membran inti. Membran inti memiliki struktur yang mirip dengan membran sel. Membran inti memiliki pori-pori yang hanya bisa dilalui oleh substansi tertentu. Membran inti memiliki fungsi sebagai pelindung inti sel dan sebagai tempat pertukaran zat antara materi inti dan sitoplasma.

Selain itu, Inti sel juga memiliki bagian-bagian di dalamnya, Yaitu sebagai berikut ini.

  • Cairan Inti (Nukleoplasma)

    Cairan inti merupakan suatu cairan kental berbentuk jeli. Cairan inti ini mengandung senyawa kimia yang sangat kompleks. Selain itu, di dalam cairan inti terdapat enzim, ion, protein, dan nukleotida.
  • Struktur Inti Sel (Nukleus) dan fungsinya
  • Anak Inti (Nukleolus)

    Anak inti adalah suatu struktur berbentuk bulat yang tersusun atas filamen-filamen dan butiran-butiran. Secara kimiawi, anak inti mengandung DNA, RNA, dan protein. Nukleolus berperan dalam pembentukan ribosom.
  • Struktur Inti Sel (Nukleus) dan fungsinya
  • Kromatin

    Kromatin adalah struktur berupa benang-benang halus yang mengandung DNA (deoxyribonucleic acid). DNA merupakan bahan atau substansi genetik dari suatu organisme. Pada saat pembelahan sel, kromatin akan memendek dan melingkar membentuk kromosom.

Selanjutnya >>>
Struktur Inti Sel (Nukleus) dan fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Biologi Science

0 comments:

Post a Comment