Monday, October 6, 2014

Macam macam cacat mata pada manusia

Disekitar kita banyak dijumpai orang - orang yang menggunakan kaca mata untuk membantu penglihatannya. Mengapa orang - orang tersebut menggunakan kacamata? Mata dapat mengalami penurunan kemampuan berakomodasi sehingga dikatakan cacat mata atau tidak normal. Mata normal dapat melihat benda yang dekat pada jarak 25 cm dan melihat benda yang jauh pada jarak tak terhingga. Mata yang seperti ini di sebut emetropi.

macam macam cacat mata pada manusia
Macam macam cacat mata pada manusia

Sedangkan cacat mata sendiri terdapat tiga macam atau jenisnya. Yaitu sebagai berikut :
  1. Miopi (Rabun jauh)
    Miopi disebut juga dengan rabun jauh. Orang yang menderita cacat mata miopi tidak dapat melihat dengan jelas benda yang terletak jauh sehingga bayangan yang di bentuk oleh lensa mata jatuh di depan retina.
    Agar bayangan benda tersebut tepat di retina, maka didepan mata harus di pasang lensa yang sifatnya menyebarkan sinar. Lensa tersebut adalah lensa cekung atau lensa negatif. Kekuatan atau daya lensa pada kaca mata di butuhkan oleh penderita cacat mata miopi.
  2. Hipermetropi (Rabun dekat)
    Hepermetropi disebut juga dengan rabun dekat. Orang yang menderit rabun dekat tidak jelas melihat benda yang jaraknya dekat karena bayangan benda yang di bentuk lensa mata jatuh di belakang retina.
    Cacat mata hipermtropi ini dapat di tolong dengan lensa cembung atua lensa posifit. Lensa cembung bersipat mengumpulkan sinar sehingga bayangan yang semula jatuh di belakang teringa dengan bantuan lensa cembung bayangan yang di hasilkan jatuh tepat di retina.
  3. Presbiopi (Mata tua)
    Cacat mata presbiopi dapat terjadi karena pengaruh usia. Penderita cacat mata ini tidak jelas melihat benda yang dekat ataupun jauh. Cacat mata ini di pengaruhi kurangnya daya akomodasi mata. Cacat mata ini dapat di tolong dengan kacamata rangkap yaitu berlensa positif dan berlensa negatif

Selanjutnya >>>
Macam macam cacat mata pada manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment