Saturday, August 16, 2014

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan

Untuk tetap tumbuh dan terus berkembang, tumbuhan tergantung pada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya. Diantara fakror faktor tersebut adalah Gen, Air dan mineral, Cahaya matahari, Suhu, kelembaban, dan Zat tumbuh Untuk lebih jelasnya baca uraian berikut.

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan

  • Gen
    Gen merupakan ruas DNA yang terdapat didalam kromosom pada inti sel. Fungsi dari gen ini sendiri adalah untuk membawa sifat keturunan dan sebagi pengatur pola pertumbuhan.
  • Air dan Mineral
    Air adalah faktor paling pentin dalam masa pertumbuhan. fungsi air sendiri adalah sebagai zat pelarut pengikat enzim dan berperan bagi fotosintesis.
    Oksigen, karbon, hidrogen, kalsium, nitrogen, sulfur, kalium, magnesium dan fosfor merupakan unsur mineral yang di perlukan dalam pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Mineral sendiri di peroleh dari dalam tanah yang diserap oleh akar dalam bentuk ion yang terlarut dalam air. Kekurangan unsur mineral tertentu dapat menghambat poses pertumbuhan
  • Cahaya Matahari
    Tumbuhan sangat memerlukan cahaya matahari untuk tumbuh dan berkembang. Cahaya matahari di butuhkan untuk membantu proses fotosintesis.
  • Suhu
    Suhu merupakan faktor pengendali dalam proses fisik ataupun kimia yang kemudian akan mengendalikan reaksi biologi pada tumbuhan. Selain itu suhu juga berpengaruh terhadap laju difusi gas dan zat cair dalam tumbuhan.
  • Kelembaban
    Tanah dan udara yang lembab pada umumnya berpengaruh baik bagi pertumbuhan. untuk kecambah, biji memerlukan kelembaban tertentu . Kondisi lembab menyebabkan banyak air yang diserap tumbuhan dan lebih sedikit air yang di keluarkan melalui proses respirasi. Kondisi tersebut mendukung pemanjangan sel sel tumbuhan.
  • Zat tumbuhan (hormon)
    Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan sangat di pengaruhi oleh zat tumbuh atau hormon tertentu terutama pada pembentukan organ - organ. Sekumpulan zat yang membantu pertumbuhan di sebut zat tumbuh atau fitohormon.
Bagaimana? Sudah bertambah lagi ilmu kita bukan? Kita kini sudah tau apa - apa saja yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Jangan lupa untuk menambah wawasan kita sebaiknya kita juga membaca artikel lainnya seperti pengertian dan definisi biologi pada postingan sebelumnya. Semoga bermanfaat man teman....

Selanjutnya >>>
Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment