Saturday, September 13, 2014

Proses peredaran darah pada manusia

Setelah sebelumnya kita sudah mengenal dan mencari tau tentang golongan darah pada manusia kali ini kita akan menambah wawasan kita dengan proses peredaran darah itu sendiri. Peredaran darah pada manusia di sebub peredaran darah rangkap larema setiap satu kali beredar ke seluruh tubuh darah melewati jantung sebanyak dua kali. Peredaran darah rangkap atau peredaran darah ganda terdiri atas peredaran darah besar dan peredaran darah kecil.

Proses peredaran darah pada manusia
Proses peredaran darah pada manusia

Selama jantung bekerja, darah kita akan selalu beredar di sepanjang tubuh. Peredaran darah tersebut berlangsung didalam pembuluh darah. Itulah sebabnya perdaran darah manusia di sebut peredaran darah tertutup

  1. Peredaran Darah Besar
    Peredaran darah besar adalah peredaran darah jantung ke seluruh tubuh. Peredaran darah besar di mulai dari bilik kiri jantung menuju ke tubuh bagian atas dan bagian bawah dengan memebawa oksigen ke seluruh sel - sel tubuh. Selanjutnya, darah masuk kembali ke jantung melalui serambi kanan dengan mengakngkut karbon dioksida.
  2. Peredaran darah kecil
    Peredaran darah kecil adalah peredaran daray dari jantung ke paru - paru dan kembali ke jantung. Peredaran darah kecil di mulai dari bilik kanan jantung , mengakngkut karbon dioksida menuju ke paru - paru kanan dan paru - paru kiri. Didalam paru - paru, karbon dioksida dilepaskan menjadi oksigen. Itulah sebabnya darah yang berasal dari paru paru kanan dan paru paru kiri kaya akan oksigen. Selanjutnya darah kembali masuk ke dalam jantung melalui serambi kiri.
Sekilas kita akan merasa kalau prosesn sistem peredaran darah pada manusia itu terlihat cukup sederhana bukan? Dan kemudian baru merasa wajar, kenapa ketika terluka tubuh kita akan mengeluarkan darah saat terluka tak perduli dimana kita mengalami luka tersebut.

Selanjutnya >>>
Proses peredaran darah pada manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment