Tuesday, September 9, 2014

Sistem Peredaran darah pada manusia

Tahukah anda apa guna oksigen yang kita hirup setiap harinya bagi tubuh? Oksigen bagi tubuh berguna untuk pembakaran zat makanan. Pembakaran zat makanan ini berlangsung pada seluruh sel - sel tubuh. Artinya, ada alat transportasi yang menyebapkan oksigen dari paru - paru dan zat makanan dari usus halus sampai ke sel - sel tubuh. Alat transportasi pada manusia terkoordinasi dalam suatu sistem yang di sebut Sistem peredaran darah yang berupa Darah, jantung & Pembuluh darah

Sistem Peredaran darah pada manusia
Sistem Peredaran darah pada manusia

Untuk mengenal lebih jauh tentang sistem peredaran darah pada manusia, simak penjelasan berikut :
  • Darah
    Darah manusia dewasa lebih kurang 7,7 liter. Jika kita amati secara sepintas, maka darah tampak seperti cairan berwarna merah. Akan tetapi, jika kita amati lebih seksama, maka kita akan melihat adanya cairan bening pada bagian atas dan cairan berwarna merah kental pada bagian bawah.
    Cairan bening pada bagian atas di sebut dengan Plasma darah. Secara mikroskopis, cairan berwarna merah yang kental pada bagian bawah itu terdiri atas bagian padat, yakni berupa sel darah merah, sel darah putih dan keping darah.
  • Jantung
    Jantung terletak didalam rongga dada sebelah kiri. Ukuran jantung lebih kurang sebesar gengaman tangan kita masing - masing. Jantung memiliki otot yang sangat kuat karena kerja jantung adalah memompa darah keseluruh tubuh.
    Jantung termasuk salah satu organ tubuh yang berkerja terus - menerus sepanjan hidup kita tanpa istirahat. Organ tubuh tersebut didalam tubuh dilindungi oleh suatu selaput yang disebut perikadium. Pada dasarnya, jantung adalah semacam otot yang memiliki ronga. Rongga jantung terdiri atas emapat ruang yakni serambi (atrium) kanan, serambi kiri, bilik (Ventrikel) kanan dan bilik kiri.
  • Pembuluh darah
    Pembuluh darah adalah suatu saluran yang berfungsi untuk mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh dan dari seluruh tubuh kembali ke jantung.
    Beberapa macam pembuluh darah antara lain adalah pembuluh nadi (Arteri), dan pembuluh balik (Vena).

Bagaimana? Sekarang sudah bertamab bukan ilmu kita tentang Sistem peredaran darah pada manusia?. Sebagai tambahan untuk memperluas wawasan kita dalam mengkaji ilmu biologi, sebaiknya baca juga postingan - postingan sebelumnya seperti tentang alat indra pada manusia dan fungsinya. Semoga bermanfaat ya guys...

Selanjutnya >>>
Sistem Peredaran darah pada manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment