Monday, September 8, 2014

Alat indra pada manusia dan fungsinya

Manusia menggunakan alat indra untuk menjaga keselamatan dan menikmati kehidupan. Dengan adanya indra, manusia dapat melihat, mencium, mencicipi dan meraba. Indra manusia terdiri atas sel sel respetor yang berfungsi untuk menerima rangsangan. Untuk itu mari kita berusaha untuk mengali dan mengenali apa saja Alat indra pada manusia dan fungsinya guna menambah wawasan kita sendiri.

Manusia memiliki lima macam indra yang di sebut dengan Panca Indra. Alat indra tersebut adalah mata (Indra penglihat), telinga (Indra pendengar), hidung (Indra pembau), lidah (Indra pengecap), dan kulit (Indra peraba / perasa). Untuk lebih jelas baca penjelasan di bawah.

Alat indra pada manusia dan fungsinya
Alat indra pada manusia dan fungsinya


  1. Indra penglihat (Mata)
    Bola mata terletak didalam rongga mata dan beralaskan lapisan lemak. Ada tiga pasang otot yang menambatkan bola mata pada dinding rongga mata sebelah dalam. Otot - otot tersebut memungkinkan bola mata dapat di gerakkan dan diarahan kesuatu arah.
    Tiap mata manusia memiliki lebih kurang 120 juta sel batang (basilus) dab 6 - 7 juta sel kerucut (Konus).
  2. Indra Pendengar (Telinga)
    Telinga merupakan indra pendengar yang peka terhadap rangsangan berupa gelombang suara sebab telinga memiliki sel sel reseptor, yakni Fonoreseptor. Telinga manusia dapat menerima suara dengan frekuensi anatara 20 sampai 20.000 Hz (getar / detik). Pada umumnya, manusia tidak dapat menerima suara di bawah 20 Hz dan diatas 20.000 Hz.
  3. Indra Pembau (Hidung)
    Ujunga saraf yang merupakan indra pembau terletak pada selaput lendir di rongga hidung bagian atas, pada kerang hidung atas, dan pada permukaan atas dari kerang hidung tengah.
    Indra pembau dapat menangkap rangsangan yang berupa gas saja. Sel sel saraf pembau sangat peka terhadap zat kimi sehingga indra pembau di sebut sebagai Kemoreseptor.
  4. Indra Pengecap (Lidah)
    Indra pengecap merupakan struktur berupa kuncup atau tonjolan yang umumnya terdapat pada permukaan lidah. Seperti halnya hidung, indra pengecap juga memiliki sel sel reseptor yang peka terhadap zat zat kimi yakni berupa kemoreseptor. Kehadiran zat - zat kimia merangsang sel - sel reseptor pada permukaan lidah dan menimbulkan umplus - implus saraf. Selanjutnya implus saraf dikirim kedalam otak dan otak mengolahnya sehingga kita dapat mengenal rasa
  5. Indra peraba (Kulit)
    Melalui kulit, kita dapat merasakan suatu benda kasar, halus, panas dan dingin. Kulit dapat mengetahui sesuatu itu berat atupun ringan. Kemampuan kulit demikian disebabkan kulit memiliki jutaan sel peraba atau sel - sel reseptor berupa Mekanereseptor dan Termoreseptor.

Dan tahukah anda dari semua alat indra yang di miliki manusia, bagian tubuh kita yang paling peka adalah ujung jari dan bibir. Pada kedua bagian tubuh tersebut terdapat sejumlah besar reseptor yang berbeda - beda.

WOW, gimana? Nambah lagi kan ilmu kita tentang kajian ilmu biologi yang begitu luas itu? Jangan lupa untuk terus menambah dang memperluas nya lagi ya. Yah misalnya dengan membaca artikel sebelumnya terkait dengan Bagian - bagian penting dari mata. Semoaga ilmu kita bisa bermanfaat...

Selanjutnya >>>
Alat indra pada manusia dan fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment