Thursday, September 4, 2014

Tahukah anda : Mengapa Orang Tidur pada Malam Hari?

Karena sebelumnya kita sering bahas tentang ilmu biologi yang terkait dengan pengamatan alam, kali ini kita akan share info plus. Sekedar penambah ilmu dalam kajian hidup sehari hari yang di rangum dalam kata "Tahukah anda". Sebuah fakta yang terjadi sehari - hari namun kadang luput dari pengamatan.

Lantas, untuk info tahukah anda kali ini kita ambil fakta tentang manusia yuks. Kita cari tau alasan Mengapa Manusia tidur pada malam hari?. Jelasnya kita simak langsung ke bawah

Tahukah anda?
Tahukah anda?


Puluhan ribu tahun selama manusia menetep di bumi, manusia dan banyak macam hewan telah mengembangkan suatu irama kehidupan dengan aktif di siang hari dan tidur di malam hari. Irama harian dan jam biologis, begitulah namanya, mengikuti suatu daur 24 jam, orang tidur di malam hari sekalipun lampunya di nyalakan.

Begitu teratur irama harian itu sehingga gangguan terhadapa irama tersebut dapat membuat tubuh kehilangan arah.

Jet lag adalah suatu keadaan yang terjadi akibat perjalanan udara berkecepatan tinggi melintasi beberapa zona waktu yang dapat menimbulkan rasa kehilangan arah, kelelahan, dan memperlambat proses berpikir.

Para ilmuan telah mengolong - golongkan tidur menjadi gerakan mata cepat (Rapid Eye Movement = REM) dab tudur bukan REM. Seseorang biasanya berpindah dari tidur REM ke bukan tidur REM pada selang waktu 80 hingga 90 menit selama malam hari. Pada hewan dan manusia, gelombang otak yang di pantau selama tidur REM menyerupai gelombang yang di pancarkan sewaktu terjaga sehingga tidur bukan REM diangap tidur yang lebih nyenyak.

Selanjutnya >>>
Tahukah anda : Mengapa Orang Tidur pada Malam Hari? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment