Saturday, December 19, 2015

Fungsi dan Manfaat Air untuk Tumbuh-tumbuhan

Air adalah sumber kehidupan nomor satu yang sangat dibutuhkan untuk bertahan hidup. Selain untuk manusia, air juga sangat penting bagi tumbuh-tumbuhan. Dan admin akan memberikan informasi tentang Fungsi serta Manfaat Air untuk Tumbuh-tumbuhan. Segera simak informasi dibawah ini.

Fungsi dan Manfaat Air untuk Tumbuh-tumbuhan
Air untuk Tumbuhan

Fungsi Air untuk Tumbuh-tumbuhan
Fungsi air pada tumbuh-tumbuhan sangatlah banyak, karena air merupakan salah satu komponen yang sangat penting dan sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan, baik itu hewan, manusia maupun tumbuhan. Dan fungsi air adalah sebagai beriku:

  • Air berfungsi sebagai salah satu senyawa dalam pembentukan protoplasma.
  • Air berfungsi sebagai penjaga turgiditas pada sel dan akan menghasilkan tenaga mekanik pada proses pembesaran sel.
  • Air berfungsi sebagai proses reaksi metabolic tumbuhan.
  • Air berfungsi sebagai rektan pada beberapa jumlah reaksi saat proses metabolisme, seperti pada siklus asam trikarboksilat.
  • Air berfungsi sebagai pelarut dalam proses masuknya mineral dari tanah menuju tanaman.
  • Air berfungsi sebagai bahan penghasilan hydrogen pada proses fotosintesis.
  • Air berfungsi sebagai pengatur suatu mekanisme pergerakan membuka maupun menutupnya stomata pada tumbuhan.
  • Air berfungsi sebagai pembantuan saat berlangsungnya resperasi.
  • Air berfungsi sebagai perpanjangan sel tumbuhan.

Manfaat Air untuk Tumbuh-tumbuhan
Air merupakan salah satu zat yang sangat penting bagi kehidupan. Untuk manusia, hewan maupun tumbuh-tumbuhan. Tanpa air kehidpan ini tidaklah ada apa-apanya, karena manusia bisa mengalami kehausan sementara tumbuh-tumbuhan akan mengalami kekeringan yang pastinya akan menyebabkan kematian. Selain itu, tubuh manusia juga mengandung sepertiga air didalamnya. Tidak jauh berbeda dengan tumbuhan, tumbuhan juga sangat membutuhkan air untuk melakukan proses fotosintesis. Dan saat air sudah tidak ada lagi didunia ini, maka sama saja dengan masa penghancuran bumi ini segera tiba.

Air bermanfaat untuk proses fotosintesis yang terjadi didalam daun, dan air merupakan komponen paling utama dalam proses fotosintesis itu. Pada saat fotosintesis air dibawa oleh akar menuju batang dan kemudian akan disampaikan oleh daun. Karena sebab itu air adalah sumber dari segala sumber kehidupan manusia maupun tumbuhan dimuka bumi ini.

Beberapa informasi diatas adalah beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai bukti bahwa air sangatlah penting bagi kehidupan ini. Jika tumbuhan tidak mendapatkan air yang baik tentu juga akan menghambat semua proses yang bisa dibentuk dalam penghidupan tumbuhan itu sendiri. Namun pemberian air yang terlalu banyak juga bukanlah pilihan yang baik, karena tumbuh-tumbuhan akan mengalami masalah, untuk itu pemberian air pada tumbuh-tumbuhan haruslah seimbang dan diberikan secara rutin.

Selanjutnya >>>
Fungsi dan Manfaat Air untuk Tumbuh-tumbuhan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment