Friday, December 18, 2015

Beberapa Macam Jenis Banjir

Banjir memanglah sangat tidak menguntungkan untuk kehidupan didunia ini, selain karena menyebabkan berbagai macam hal tentunya juga mempersulit aktivitas yang harus dijalani. Selain itu banjir juga bisa menyebabkan datangnya beberapa penyakit, namun ternyata banjir juga terbagi menjadi beberapa macam. Ada beberapa jenis banjir Dan banjir juga memiliki penyebab yang mungkin bisa dihindari jika kita menghindari penyebab-penyebab itu.

Beberapa Macam Jenis Banjir
Banjir

Beberapa jenis banjir
Banjir juga memiliki jenis serta penyebab yang berbeda yaitu sebagai berikut:

Beberapa Macam Jenis Banjir
Banjir Air

  • Banjir Air
    Banjir air ini adalah banjir yang sudah umumnya terjadi, penyebab banjir ini karena meluapnya air sungai, sekolan, maupun dan melebur kedaratan. Umumnya banjir ini terjadi karena hujan yang terus-terusan terjadi sehingga membuat danau, sungai maupun selokan itu penuh air dan tidak bisa lagi menampungnya.
  • Beberapa Macam Jenis Banjir
    Banjir Cileunang
  • Banjir Cileunang
    Banjir ini hampir sama dengan banjir air. Namun dalam banjir cileunang ini disebabkan oleh hujan yang sangat deras dan menyebabkan jatuhnya air yang sangat banyak. Banjir ini hanya terjadi disaat hujan deras yang terjadi dalam sekali waktu dan selokan yang ada tidak bisa menampung air lebih banyak lagi hingga air meluap dan menggenang disekitarnya.
  • Beberapa Macam Jenis Banjir
    Banjir Bandang
  • Banjir Bandang
    Banjir bandang ini berupa banjir yang terdiri dari air dan juga lumpur. Tentunya banjir ini lebih bahaya dari pada bajir air. Karena banjir bandang ini yang juga mengandung lumpur akan mempersulit diri saat berjalan maupun berenang, banjir ini bisa menghanyutkan apa saja. Dan biasanya terjadi didaerah pegunungan, dimana air yang ada menghanyutkan longsor yang terjadi dipegunungan dan membawanya kedataran yang lebih rendah, Banjir ini juga bisa menghanyutkan pepohongan serta bebatuan yang terbawa arus.
  • Beberapa Macam Jenis Banjir
    Banjir Rob (Laut Pasang)
  • Banjir Rob (Laut Pasang)
    Banjir ini disebabkan oleh pasangnya air laut dan meluap hingga kedaratan. Biasanya terjadi didaerah yang dekat dengan laut. Air laut ini biasanya akan menahan air sungai yang sudah banyak, dan mengakibatkan terjadinya banjir didaerah sekitar.
  • Beberapa Macam Jenis Banjir
    Banjir Lahar Dingin
  • Banjir Lahar Dingin
    Banjir ini terjadi karena erpusi gunung berapi. Erupsi ini akan mengeluarkan lahar dingin dari puncak gunun dan akan mengalir hingga kedataran yang lebih rendah dibawahnya. Dan mengakibatkan sungai akan menjadi dangkal dan cepat penuh saat terjadinya hujan.
  • Beberapa Macam Jenis Banjir
    Banjir Lumpur
  • Banjir Lumpur
    Banjir ini akan mirib dengan banjir Bandang, namun ini lebih disebabkan oleh keluarnya lumpur dari dalam bumi sehingga menggenangi daratan. Lumpur yang terdapat dari dalam bumi bukanlah lumpur biasa, tetapi juga mengandung gas kimia tertentu yang berbahaya. Sampai sejauh ini tempat yang mengalami banjir lumpur masih belum bisa ditangani dengan baik.

Itulah beberapa jenis banjir yang ada diindonesia, dan penyebab yang terjadi oleh banjir itu. Kita mungkin bisa menanggulangi dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan memperdalam selokan agar air bisa menampung lebih banyak air dan memperlancar perairan hingga tidak menerobos ke daratan.

Selanjutnya >>>
Beberapa Macam Jenis Banjir Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment