Wednesday, August 13, 2014

Sistem pernafasan pada Ikan

Ilmu biologi adalah ilmu yang cakupannya begitu luas. Ilmu yang di pelajarinya juga beraneka ragam. Hingga kini salah satunya adalah tentang Sistem pernapasan pada ikan, hewan yang hidup di air yang sebagian bersar di antaranya bernapas dengan menggunakan insang.

Sistem pernafasan pada Ikan
Sistem pernafasan pada Ikan

Ikan bernapas dengan cara mengambil oksigen yang larut di dalam air dengan menggunakan insang yag terletak dibagian leher. Insang ini terdiri dari 4 pasang. Dua kanan dan dua kiri. Khusus untuk ikan yang hidup di perairan keruh dan berlumpur, insannya di lengkapi dengan labirin insang yang berguna untuk menyimpan oksigen.
Ketika bernapas, ikan menggunakan dua fase pernapasan yaitu fase Inspirasi dan fase Ekspirasi. Jelasnya :
  • Fase Inspirasi
    Fase inspirasi terjadi jika air masuk kedalam rongga mulut ikan. Ketika air melewati lembaran insang, oksigen diikat oleh Hb (hemoglobin) darah.
  • Fase Ekpirasi
    Fase ekspirasi terjadi saat rongga mulut ikan tertutup sehingga udahar masuk keingsang secara difusi. Pada saat bersamaan operkulum terbuka sehingga air mengalir melalui celah insang dan menyentuh lembaran lembaran insang yang bersamaan Hb melepaskan karbon dioksida ke air

Insang atau alat pernapasan pada ikan berbentuk lembaran lembaran tipis yang berwarna merah muda. Tiap lembaran terdiri dari sepasang filamen yang tiap filamennya mengandung lapisan tipis yang di sebut lamela. Pada lamela terdapat pembuluh darah kapiler yang berfungsi sebagai tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida. Insang pada ikan bertulang sejati memiliki penutup yang disebut operkulum.

Itulah sedikit informasi tentang Sistem pernapasan pada ikan. Semoga artikel ini bisa membantu dan bisa bermanfaat bagi kita dalam menambah ilmu pengetahuan biologi yang terkait dengan hewan yang hidup di sekitar kita.

Selanjutnya >>>
Sistem pernafasan pada Ikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment