Thursday, September 18, 2014

Gangguan pada sistem peredaran darah Manusia

Oke sahabat Biologi and scinece semua, kayaknya pembahasan kita tentang sistem peredaran darah memang bisa molor kemana - mana ya? Masih banyak banget yang belum kita ketahui. Sampai kini giliran kita cari tau tentang Gangguan pada sistem peredaran darah Manusia agar kita juga bisa lebih mengerti.

Gangguan pada sistem peredaran darah Manusia
Gangguan pada sistem peredaran darah Manusia

Apa apa aja sih Gangguan pada sistem peredaran darah Manusia itu langsung kita simak kebawah aja ya guys...
  1. Anemia
    Anemia adalah kekurangan hemoglobin didalam sel darah merah, bukan kekurangan darah. Selama ini orang sering salah anggap dengan menyebutkan kalau anemi adalah kekurangan darah. Ada beberapa penyebap anemia diantaranya karena jumlah produksi sel darah merah lebih sedikit daripada sel darah merah yang mati dan rendahnya kadar hemoglobin akibat kekurangan zat besi atau vitamin B12.
    Anemi dapat di cegah dengan banyak mengkonsumsi sayuran hijau yang banyak mengandung zat besi. Zat besi berperan dalam pembentukan sel darah merah. Dalam keadaan darurat, penderita anemia dapat melakukan transfusi darah.
  2. Leukimia
    Leukimia (kangker darah) terjadi karena jumlah sel darah merah yang di produksi oleh tubuh lebih sedikit daripada jumlah sel darah putih. Hal tersebut disebapkan tidak normalnya kerja sumsum tulang dan jaringan limfa yang mengakibatkan produksi sel darah putih menjadi berlipat ganda. Pada kondisi yang parah sel darah putih dapat menjadi ganas karena memakan sel darah merah.
  3. Pengerasan pembuluh darah
    Pengerasan pembuluh darah dapat disebapkan oleh timbunan lemak (aterosklerosis) dan endapan kapur (arteriosklerosis). Pada arteriosklerosis timbunan lemak dalam pembuluh darah akan membentuk plak pada dinding pembuluh nadi sehingga ruang dalam pembuluh nadi menjadi menyempit. Orang yang terserang arteriosklerosis biasanya adalah orang yang sering menkonsumsi lemak. Pencegahannya dapat di lakukan dengan mengurangi makanan berlemak, misalnya daging dan minyak - minyak serta berolahraga teratur.
  4. Hipotensi atau hipertensi
    Tekanan darah normal adalah lebih kurang 120/80 mmHg atau sistole sebesar 110-130mmHg dan distole 70-90 mmHg. Jika dibawah nilai tersebut, berarti tekanan darahnya rendah (Hipotensi) dan jika diatas nilai tersebut, berarti tekanan darahnya tinggi (hipertensi)
  5. Hemofilia
    Hemofilia adalah penyakit darah sulit membeku. Jika terjadi luka, maka darah akan terus keluar sehingga pernerita dapat mengalami kekurangan darah bahkan dapat menyebapkan kematian. Olek karena itu penderita penyakin ini harus di jaga agar tidak terluka. Hemofilia di turunkan secara genetik melalui ayah dan ibu tapi hampir selalu menyerang pada anak lagi - laki.
  6. Varises
    Varises adalah pembengkakan pada pembuluh balik yang biasanya terjadi pada daerah kaki. Hal ini terjadi karena aliran darah ke tubuh bagian atas tidak lancar sehingga menyebapkan pembengkakan. Penderita varises biasanya adalah orang yang banyak berdiri dan sering jongkok. Atau jika setelah berolahraga kakinya tidak di luruskan. Varises dapat diatasi dengan minum obat untuk menghilangkan pembengkakan atau jika keadaannya parah harus dilakukan pemotongan dengan cara operasi.
  7. Wasir atau Ambeien
    Pembekakan pada pembuluh balik yang terletak disekitar lubang anus disebut wasir atau ambeien. Orang yang terserang wasir dapat disebapkan terlalu banyak duduk, kurang bergerak atau karena terlalu kuat mengejan pada saat buang air besar.
    Wasir dapat dicegah dengan menkonsumsi sayurang dan buah buahan yang mengandung serat agar melancarakan buang air besar, berolahraga untuk melemaskan otot dan tidak terlalu banyak duduk.
Itulah tadi beberapa gangguan pada sistem peredaran darah manusia. Cukup ribet dan merepotkan jika sampai ada yang menderitanya bukan? Untuk itulah sebaiknya kita menjaga kesehatan kita sendiri. Jangan lupa ya guys untuk terus menimba ilmu kita. Salah satunya dengan membaca artikel sebelumnya misalanya tentang Sistem pernapasan pada burung. Semoga bermanfaat....

Selanjutnya >>>
Gangguan pada sistem peredaran darah Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment